Nasi Jamblang

Nasi Jamblang
Nasi Jamblang Cirebon
SUARA CIREBON - Nasi Jamblang, kuliner khas Cirebon yang satu ini, kini dengan segala kesederhanaannya, semakin populer di Indonesia. Bagi masyarakat Indonesia yang belum tahu, Nasi Jamblang adalah kuliner khas kota Cirebon yang beridentitaskan nasi yang dikepal kemudian dibungkus daun Jati. Penggunaan daun Jati ini sendiri karena dengan daun Jati, nasi menjadi lebih pulen dan beraroma khas, serta lebih awet.

Awal sejarahnya, konon, Nasi Jamblang pada awalnya diperuntukan bagi para pekerja paksa di zaman penjajahan Belanda yang pada waktu itu bekerja membangun jalan raya Daendels dari Anyer menuju Panarukan yang melewati Kabupaten Cirebon. Konon juga pada awalnya, Nasi Jamblang diperuntukan bagi para pekerja kasar di Pelabuhan dan di jalan Pekalipan.

Nasi Jamblang juga konon berasal dari sebuah daerah bernama Jamblang di Kabupaten Cirebon. Lauk pauk yang digunakan di menu Nasi Jamblang sangat beragam, sebut saja, sambal goreng, tempe dan tahu goreng, perkedel kentang, sate kentang, panjelan atau ikan asin yang digoreng kering, blakutak atau cumi yang dimasak beserta tinta hitamnya, paru goreng, ceplok bumbu merah, dan masih banyak lagi.

0 Response to " Nasi Jamblang "

Poskan Komentar